Minggu, 07 Juli 2013

Harian Indonesia 星洲日报



Sejarah & Latar Belakang
Harian Indonesia, koran berbahasa Mandarin pertama dan terbesar di Indonesia. Pertama kali terbit pada tanggal 12 September 1966, dikelola oleh Yayasan Indonesia Pers (YIP) . Pada tahun 2000, pengelolaan, Harian Indonesia diambil alih oleh PT. Emas Indonesia Duaribu.

Dalam perjalanannya, kemudian pada tahun 2004 akhir, PT Emas Indonesia Duaribu diakuisisi oleh PT Abdi Bangsa Tbk (Mahaka Media). Dengan demikian, Harian Indonesia kini berada di bawah naungan Mahaka Media, bersama sejumlah media lain, seperti Jak TV, Jak FM (dulu Radio One), Majalah Golf Digest, Majalah A+, Majalah Parents, Mahaka Advertising, Mahaka Entertainment, Republika dan penerbit buku Republika.
Sejak 1 Desember 2006, Harian Indonesia tampil dengan wajah baru, yang merupakan hasil sentuhan kerjasama dengan sebuah koran berbahasa Mandarin terkemuka dan nomor satu di Malaysia, Sin Chew. Kelompok ini juga memiliki beberapa Koran di sejumlah Negara seperti Hongkong, Kanada, Toronto, dan New York Dengan sinergi seperti itu, diharapkan Harian Indonesia tidak hanya mengakar di Indonesia, tapi juga di kawasan regional, terutama Asean.

Hingga saat ini Harian Indonesia dengan oplah sebanyak 56.000 per hari, masih merupakan koran berbahasa Mandarin terbesar di Indonesia. Kehadiran koran berbahasa Mandarin ini dianggap penting karena diperkirakan lebih dari 12 juta orang Warga Negara Indonesia keturunan Tionghoa dan masih menggunakan Bahasa Mandarin sebagai alat komunikasi sehari-hari.

Tabloid “hi young mandarin” :
Persaingan media massa yang semakin tajam menuntut semua media harus memberikan service yang semakin baik kepada pelanggannya. Meski masih menguasai pasar, Harian Indonesia tetap merasa perlu menjaga ‘kue’ pasarnya agar tidak diambil oleh pesaing. Selain perubahan wajah dan menjalin aliansi dengan mitra internasional, Harian Indonesia kemudian menerbitkan tabloid edisi akhir pekan untuk anak muda usia 15-25 tahun dengan nama: hi young mandarin. Harian Indonesia juga menerbitkan liputan khusus yang membahas berbagai liputan atau topik yang sedang trend.
Di koran reguler yang terbit Senin sampai Sabtu, Harian Indonesia juga menyuguhkan pelbagai tulisan atau liputan menarik tentang dunia kesehatan, pendidikan dan traveling. Bahkan halaman kesehatan dihadirkan setiap hari mengingat banyaknya permintaan akan tulisan-tulisan kesehatan. Kalangan Tionghoa terkenal sangat peduli akan kesehatannya agar bisa tetap berdagang atau berusaha dengan baik..
Ada kebiasaan masyarakat Tionghoa untuk berlibur di akhir pekan, akhir bulan dan penghujung tahun. Karena itu, halaman wisata yang terbit setiap hari Jumat dan Sabtu diharapkan bisa menjadi referensi sebelum berlibur.
Semua perubahan itu diharapkan bisa memperkuat posisi Harian Indonesia sehingga menjadi satu-satunya pilihan kalangan Tionghoa di Indonesia. Harian Indonesia, kini dan terpercaya.

Rubrik yang Paling Diminati.
1. Kesehatan.
2. Ekonomi
3. Luar Negeri
4. Traveling
5. Pendidikan
6. Budaya
7. Info hotel dan restoran.

Siapa Pembaca Harian Indonesia?
Sebagian besar (50%) pembaca Harian Indonesia berusia 40-50 tahun. Menyusul 35% berusia 30-40 tahun dan sisanya 15% berusia di bawah 30 tahun.
Pengusaha & Pedagang 44%
Karyawan Swasta 30%
Ibu Rumah Tangga 12%
Mahasiswa 10%
Lain-lain 4%

Distribusi
Sejak terbit pertama kali pada 12 September 1966, Harian Indonesia sudah menyebar hampir ke seluruh kantong-kantong pecinan di Indonesia.
Peta sebaran koran Harian Indonesia:
Jabotabek 43%
Jawa Barat 14%
Jawa Timur 10%
Sumatera Utara 7%
Jawa Tengah 7%
Riau/Batam 5%
Sumatera Selatan 5%
Lampung 3%
Kalimantan 3%
Sulawesi 3%

Pemasang Iklan di Harian Indonesia:
Karena merupakan koran Mandarin pertama dan terbesar di Indonesia, memasang iklan di Harian Indonesia dianggap sangat efektif. Iklan property, perbankan dan travel sangat dominan, karena sekitar 40 persen pelanggan Harian Indonesia dari kalangan pengusaha dan pedagang. Mereka sangat membutuhkan informasi dunia bisnis dan tempat liburan.

简介
星洲日报 (早称印度尼西亚日报)是印尼最早创刊和最大的中文报,于1966年9月12日开创发行,由印尼基金会管理。 2000年,由Mahaka集团管理 (雅加达电视台,雅加达广播电台,高尔夫杂志,A加杂志,主妇杂志,Mahaka娱乐, Republika报纸等)。
于2006年,早称印度尼西亚日报和马来西亚最大中文报合作,改名为星洲日报。星洲日报本身已在几个国家创报,如: 香港,加拿大,多伦多,纽约。到目前为止,星洲日报发行量56000份,还是印尼最大的中文报。
最受欢迎的专栏 :
1。健康
2。经济
3。外交
4。旅游
5。教育
6。文化
7。酒店和餐听

年龄
40-50岁 50%
30-40岁 35%
30岁一下 15%
职业
企业家和商人 44%
员工 30%
家庭主妇 12%
学生 10%
其他 4%


发行
雅加达,矛勿,勿加西 43%
西爪哇 14%
东爪哇 10%
北苏门答腊 7%
中爪哇 7%
廖内/巴淡岛 5%
南苏门答腊楠榜 3%
婆罗洲 3%
苏拉威西 3%


Ingin pasang Iklan di Koran Harian Indonesia?? silahkan hub : 081398782222 / (021) 98092266

Tidak ada komentar:

Posting Komentar